RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMA Negeri
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI/Dua
Materi : Memahami Keseimbangan Benda Tegar.
Alokasi Waktu : 3 Pertemuan
Pertemuan Pertama 2 JP, @ 1
X 45 menit
Pertemuan Kedua 2 JP, @ 1
X 45 menit
Pertemuan Kedua 2 JP, @ 1
X 45 menit
A.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1.1
Bertambah keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan
kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya.
|
1.
Peserta didik mengagumi kekuasaan Tuhan yang
telah menciptakan baerbagai hal yang terkandung di alam semesta.
2.
Peserta didik menghayati kebesaran Tuhan
melalui pokok bahasan memahami keseimbangan benda tegar.
|
|
1.2
Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur benda
titik dan benda tegar, fluida, gas dan gejala gelombang.
|
1.
Peserta didik merasakan kekuasaan tuhan yang
telah menciptakan keteraturan di alam semesta.
2.
Peserta didik mengamalkan rasa syukur kepada
Tuhan karena diberi kesempatan untuk memahami keseimbangan benda tegar.
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
|
1.
Peserta didik menjalankan prilaku ilmiah dalam
mempelajari materi memahami keseimbangan benda tegar.
2.
Peserta didik menunjukkan prilaku ilmiah dalam
melakukan percobaan dan berdiskusi memahami keseimbangan benda tegar.
|
|
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan.
|
1.
Peserta didik mengamalkan sikap menghargai
kerja individu dan kelompok dalam perbedaan strategi untuk menyelesaikan
masalah memahami keseimbangan benda tegar.
2.
Peserta didik menerapkan sikap tangguh
bertanggung jawab, rasa ingin tahu, disiplin, kritis, dan jujur dalam
mempelajari materi memahami memahami keseimbangan benda tegar.
|
|
3.6 Menerapkan
konsep torsi, momen inersia, titik berat, dan momentum sudut pada benda tegar
(statis dan dinamis) dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.
Peserta didik memahami syarat-syarat dan
jenis-jenis keseimbangan benda tegar.
2.
Peserta didik memahami cara menentukan letak
titik berat bangun beraturan benda tegar.
3.
Peserta didik memahami cara menentukan letak
pusat massa pada pemecahan masala.
|
|
4.6
Merencanakan dan melaksanakan percobaan titik
berat dan keseimbangan benda tegar.
|
1.
Peserta didik menyajikan hasil percobaan
terkait keseimbangan benda tegar.
2.
Peserta didik mengamati fenomena dalam
kehidupan sehari-hari terkait keseimbangan benda tegar.
|
B.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran, peserta
didik diharapkan dapat:
1.
menghayati dan mensyukuri kebesaran Tuhan yang
menciptakan keteraturan dan ketelitian dalam bentuk ilmu pengetahuan fisika
khususnya pengetahuan yang membahas keseimbangan benda tegar,
2.
mengamalkan perilaku ilmiah, serta menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi,
3.
menganalisi keseimbangan benda tegar.
4.
menyajikan percobaan sederhana dengan tentang
keseimbangan benda tegar.
C.
Materi Ajar
- Keseimbangan
- Titik Berat
- Jenis-Jenis Keseimbangan
D.
Metode
Pembelajaran
- Pendekatan : Pendekatan ilmiah (scientifict approach)
- Metode : Percobaan/eksperimen, diskusi, tanya jawab, dan ceramah.
E.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
- Media dan Alat :
a. Media
Presentasi.
b. Alat
dan Gambar Peraga.
c. Peralatan
Praktikum.
- Sumber Belajar :
a. Buku
Ajar Fisika Kelas XI.
b. Giancoli.
2001. Fisika jilid 1,2 (Terjemahan).
Jakarta: Erlangga.
c. Halliday
& Resnick. 1991. Fisika (Terjemahan).
Jakarta: Erlangga.
d. Kanginan
, Marthen. 1996. Fisika SMA. Jakarta:
Erlangga.
e. Young
& Freedamn. 2002. Fisika jilid 1,2
(Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
f. Internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar