RPP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah           : SMA Negeri
Mata Pelajaran          : Fisika
Kelas/Semester          : XI/Dua        
Materi                         : Memahami Keseimbangan Benda Tegar.

Alokasi Waktu           : 3 Pertemuan
                                      Pertemuan Pertama 2 JP, @ 1 X 45 menit
                                      Pertemuan Kedua 2 JP, @ 1 X 45 menit
                                      Pertemuan Kedua 2 JP, @ 1 X 45 menit


A.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan     keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.      Peserta didik mengagumi kekuasaan Tuhan yang telah menciptakan baerbagai hal yang terkandung di alam semesta.
2.      Peserta didik menghayati kebesaran Tuhan melalui pokok bahasan memahami keseimbangan benda tegar.
1.2  Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur benda titik dan benda tegar, fluida, gas dan gejala gelombang.

1.      Peserta didik merasakan kekuasaan tuhan yang telah menciptakan keteraturan di alam semesta.
2.      Peserta didik mengamalkan rasa syukur kepada Tuhan karena diberi kesempatan untuk memahami keseimbangan benda tegar.
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
1.      Peserta didik menjalankan prilaku ilmiah dalam mempelajari materi memahami keseimbangan benda tegar.
2.      Peserta didik menunjukkan prilaku ilmiah dalam melakukan percobaan dan berdiskusi memahami keseimbangan benda tegar.
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.

1.      Peserta didik mengamalkan sikap menghargai kerja individu dan kelompok dalam perbedaan strategi untuk menyelesaikan masalah memahami keseimbangan benda tegar.
2.      Peserta didik menerapkan sikap tangguh bertanggung jawab, rasa ingin tahu, disiplin, kritis, dan jujur dalam mempelajari materi memahami memahami keseimbangan benda tegar.
3.6  Menerapkan konsep torsi, momen inersia, titik berat, dan momentum sudut pada benda tegar (statis dan dinamis) dalam kehidupan sehari-hari.
1.      Peserta didik memahami syarat-syarat dan jenis-jenis keseimbangan benda tegar.


2.      Peserta didik memahami cara menentukan letak titik berat bangun beraturan benda tegar.
3.      Peserta didik memahami cara menentukan letak pusat massa pada pemecahan masala.
4.6  Merencanakan dan melaksanakan percobaan titik berat dan keseimbangan benda tegar.
1.      Peserta didik menyajikan hasil percobaan terkait keseimbangan benda tegar.
2.      Peserta didik mengamati fenomena dalam kehidupan sehari-hari terkait keseimbangan benda tegar.

B.     Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.    menghayati dan mensyukuri kebesaran Tuhan yang menciptakan keteraturan dan ketelitian dalam bentuk ilmu pengetahuan fisika khususnya pengetahuan yang membahas keseimbangan benda tegar,
2.    mengamalkan perilaku ilmiah, serta menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi,
3.    menganalisi keseimbangan benda tegar.
4.    menyajikan percobaan sederhana dengan tentang keseimbangan benda tegar.
C.    Materi Ajar
  1. Keseimbangan
  2. Titik Berat
  3. Jenis-Jenis Keseimbangan

D.    Metode Pembelajaran
  1. Pendekatan     :  Pendekatan ilmiah (scientifict approach)
  2. Metode            :  Percobaan/eksperimen, diskusi, tanya jawab, dan ceramah.
E.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
  1. Media dan Alat :        
a.       Media Presentasi.
b.      Alat dan Gambar Peraga.
c.       Peralatan Praktikum.
  1. Sumber Belajar :
a.       Buku Ajar Fisika Kelas XI.
b.      Giancoli. 2001. Fisika jilid 1,2 (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
c.       Halliday & Resnick. 1991. Fisika (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
d.      Kanginan , Marthen. 1996. Fisika SMA. Jakarta: Erlangga.
e.       Young & Freedamn. 2002. Fisika jilid 1,2 (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
f.       Internet.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar